Pages

Sunday, October 8, 2017

Asal Usul Kata Tuban

Kota Tuban memiliki asal usul dalam beberapa versi, yaitu diantaranya

Versi Pertama
Dari lakuran watu tiban (batu yang jatuh dari langit), yaitu batu pusaka yang dibawa oleh sepasang burung dari Majapahit menuju Demak, dan ketika batu tersebut sampai di atas Kota Tuban, batu tersebut jatuh dan dinamakan Tuban.

Versi Kedua
Arti kata Tuban berasal dari kata bahasa jawa “meTU BANyune” yang berarti “keluar airnya”. Orang Jawa sering membuat dua kalimat atau lebih menjadi lebih pendek. Dua kata “meTU BANyune” disingkat menjadi satu kata yaitu “Tuban”.

Orang jawa memang menyukai hal-hal yang singkat dan mudah dalam menyebut sesuatu. Mereka tidak menyukai kata-kata yang ruwet atau panjang. Hal ini tentu saja sangat baik mengingat satu kata lebih mudah diucapkan dan diingat daripada kata yang lebih panjang.

Pada jaman itu (masa kerajaan Majapahit), terdapat sebuah tempat yang masih berupa hutan lebat dan belum begitu dikenal masyarakat. Sebuah sejarah menyebut bahwa tempat ini awalnya adalah sebuah belantara yang disulap menjadi tempat hunian. Orang yang pertama kali membuka hutan dan menemukan tempat ini sangat heran dengan adanya begitu banyak sumber air. Tak hanya sumber air yang melimpah ruah, ditempat ini banyak ditemukan tempat-tempat yang mengeluarkan sumber air baik itu yang besar maupun yang kecil. Di berbagai tempat, air memancar begitu deras tanpa perlu menggalinya.

Lakuran dari metu banyu berarti keluar air, yaitu peristiwa ketika Raden Dandang Wacana (Kyai Gede Papringan) atau Bupati Tuban yang pertama membuka hutan Papringan dan anehnya, ketika pembukaan hutan tersebut keluar air yang sangat deras. Hal ini juga berkaitan dengan adanya sumur tua yang dangkal tetapi airnya melimpah, dan istimewanya sumur tersebut airnya tawar padahal berada di dekat pantai. 

Versi Ketiga
Tuban berasal dari kata "tuba" atau racun yang artinya sama dengan nama kecamatan di Tuban yaitu Kecamatan Jenu.



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Tuban
http://www.tubancity.com/sejarah-dan-arti-kata-kota-tuban.html

No comments:

Post a Comment

Investor Kepincut Kilang Tuban RI

Ramai Investor Kepincut Kilang Tuban RI, Rusia Terpental? 14 September 2023 17:20 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menk...

Related Post