Pages

Sunday, October 8, 2017

Sejarah Kota Tuban


Sejarah dapat digali dengan data pendukung untuk penelusuran mengenai Tuban sebagai desa atau wilayah yang setingkat dengan kabupaten dengan sumber tertulis. Sumber tertulis tersebut diantaranya berupa prasasti seperti Prasasti Kambang Putih, Prasasti Malengga, Prasasti Banjaran, Prasasti Tuban.

Sumber tertulis lainnya adalah mengenai berita tentara Tar Tar dibawah pimpinan komando Sih-pie, Kau Sing dan Ike Messe, sebagian mendarat di Tuban dan sebagian meneruskan ke Sedayu. Dengan bantuan Raden Wijaya, tentara TarTar dapat mengalahkan Jayakatwang dari Kediri dan pada akhirnya tentara Tar-Tar dapat di hancurkan oleh Raden Wijaya dengan bantuan Arya Wiraraja dari Sumenep. Setelah hancurnya tentara Tar-Tar, Raden Wijaya dinobatkan sebagai raja Mojopahit dengan gelar Sri Kertajasa Prawira.

Dan sumber tertulis terakhir adalah berita luar negeri, yaitu berita Cina tentang uraian Ma Hua dalam bukunya Ying Yai Shing Lan. Ma Hua adalah orang Tionghoa yang beragama Islam, yang mengiringi perjalanan Cheng Ho dalam perjalanan ke daerah daerah lautan selatan (1413 M–1425 M).


Sumber :
https://betulcerita.blogspot.co.id/2016/07/asal-usul-kota-tuban-jawa-timur.html

No comments:

Post a Comment

Investor Kepincut Kilang Tuban RI

Ramai Investor Kepincut Kilang Tuban RI, Rusia Terpental? 14 September 2023 17:20 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menk...

Related Post